Breaking News

Akomodasi Di Danau Tigi

Akomodasi di Danau Tigi

Danau tigi merupakan sebuah danau yang terletak di provinsi Papua, Indonesia tepatnya Kabupaten Deiyai. Danau ini terletak 1.700 meter di atas permukaan laut dan memiliki kedalaman hingga 150 meter letaknya di ketinggian maka di danau ini beriklim pegunungan yang sangat dingin.
Masyarakat setempat menamakan Danau Tigi, danau ini terletak di lembah pegunungan Deiyai. Uniknya di tengah danau ini terdapat pulau kecil yang bernama Duamo. Duamo adalah pulau yang ada di tengah danau tigi sebagai tempat wisata.
            Biota Danau
Ikan yang sering ditemui adalah ikan nila, ikan mujair, ikan mas/ikan karper, ikan sembilan hitam, dan ikan belut. Sedangkan ikan pelangi merupakan biota Danau Deiyai yang sering dicari oleh para nelayan dan  hobiis ikan hias karena bernilai ekonomi tinggi
            Bila beruntung disini dapat melihat udang endemik Papua yang kini sudah menjadi langkah, yaitu udang selingku. Dinamakan demikian karena udang tersebut memiliki capit/jepit seperti halnya kepiting, sehingga dugaaan bahwa udang ini hasil perselingkuhan udang dengan kepiting
Wisata
Selain menikmati keesoktisan Danau Tigi dari pinggir danau, pelancong dapat mencoba memancing atau menyewa perahu kepada penduduk sekitar mengelilingi danau yang yang luas itu. Jelang matahari terbenam, keesoktisan Danau Tigi kian memikat. Perahu nelayan mulai menepi dan lalu-lalang speedboat dari balik kebukitan, serta ditimbali oleh burung-burung kecil yang terbang rendah dan sesekali menyebar air.
Bertamasya ke danau cantik ini tentu kurang lengkap bila belum menyambangi perkampungan Suku Mee, suku besar ini di sekitar danau tersebut yang menghuni dataran tinggi Deiyai. Selain melihat rumah adat yang disebut honai dan keseharian mereka dari dekat, bila beruntung Anda akan disunguhkan antraksi kesenian dan memperoleh souvenir khas suku tersebut sebagai oleh-oleh.
            Fasilitas
Di kawasan Danau Tigi tersedia fasilitas, seperti pos jaga, pemandu wisata, dan pondok wisata. Persewaan perahu, persewaan peralatan memancing, dan warung-warung kecil juga tersedia di sini. Wisatawan yang ingin menginap, dapat menyewa ruma-rumah penduduk yang terdapat di sekita danau eksotis ini atau berkemah di berbagai lokasi di kawasan tersebut. Seangkan bagi wisatawan yang ingin memperoleh akomodasi yang lumayan lengkap, disarankan ke tempat penginapan Duta Tigi Kabupaten Deiyai.
Akses
Akses ke Danau Tigi, dapat memulai perjalanan dari kota Dogiyai dan kota Paniai, tersedia dua jalur menuju kawasan Danau Tigi. Pertama, mengunakan jalur darat dengan menyewa bus jenis Misubishi Strada yang dapat diandalkan untuk melintasi medan jalan yang terjal dan berkelok-kelok. Kedua, mengambil jalur udara dengan menumpang pesawat AMA dan AMAF jenis Cessna yang bis mendarat di wilyah dataran tinggi dengan karakteristik landasan dari tanah.


Tidak ada komentar

Terimakasih atas kunjungan anda di Blog ini dan jangan lupa untuk berkomentar.