Breaking News

Pemda Deiyai Salurkan Dana Pembangunan Rumah Adat


Rumah Adat Suku Mee
WISATA DEIYAI -Pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Deiyai memberi perhatian dalam rangka mengangkat nilai-nilai budaya suku Mee, khususunya melalui berbagai bentuk perhatian salah satunya pemberian bantuan dana pembangunan rumah adat atau dalam bahasa Mee, Emaa Owa, di Aula Sekwan, Waghete.
Dana pembangunan rumah adat tingkat distrik dan kabupaten diterima langsung ketua Dewan Adat Papua (DAP) atau LMA kabupaten dan distrik dari 5 distrik yang ada di Kabupaten Deiyai. Kadisparbud Deiyai, Manfret Mote, S.Si., menjelaskan, dana senilai Rp50 juta sebagai salah satu bentuk perhatian dalam mengangkat nilai-nilai budaya Suku Mee, sesuai dengan tujuan pemberian bantuan dana ini digunakan dengan baik yaitu dengan dengan sasaran membangun rumah adat (emaaowa) di tingkat kabupaten dan distrik di 5 distrik, yakni Distrik Tigi, Tigi Barat, Tigi Timur, Kapiraya dan Distrik Bouwobado.
Kepala dinas, menyampaikan dengan adanya bantuan ini, segera membangun rumah adat dan ditanami tanaman seperti petatas, keladi, tebu, pisang, di sekitar rumah adat.
Mengingat pentingnya rumah adat, tahun 2016 akan diberikan bantuan dana untuk membangun rumah adat tingkat kampung yang ada di Deiyai yaitu sebanyak 30 kampung yang tersebar di 5 distrik dan tahun 2017 akan diberikan bantuan dana lagi untuk membangun rumah adat menurut marga yang ada di Deiyai.

Dia juga berharap, setelah dibangun rumah adat tersebut selanjutnya dapat difungsikan dan dijaga dengan baik agar dapat membawa perubahan dalam tatanan kehidupan yang harmonis, karena budaya adalah dasar hidup orang, suku bangsa.  Oleh sebab itu, mari terus perhatikan, melestarikan dan mempertahankan nilai-nilai budaya melalui berbagai bentuk sehingga budaya jangan punah karena arus budaya luar.

Tidak ada komentar

Terimakasih atas kunjungan anda di Blog ini dan jangan lupa untuk berkomentar.