Breaking News

Cinderamata suku Mee Adalah Koteka Sebagai Hasil Perhiasan Rumah (Kabupaten Deiyai)



WISATA DEIYAI-Koteka merupakan penutup alat kelamin laki-laki yang di buat dari sejenis labu. Sejarah Koteka pada masa lalu hingga kini menjadi bahan pokok pakain pria. Hampir sebagian besar masyarakat masih mengunakan sebagai pakaian sehari-hari mereka.

Dengan pakian pria yang begitu menarik, banyak wisatawan ingin mencoba dan membeli hasil cinderamata yang di buat dari masyarakat suku Mee kabupaten Deiyai. Maka, Koteka menjadi salah satu alat cinderamata yang bisa didapatkan dengan cara membeli.

Jika kunjunggi ke Kabupaten Deiyai, di sana ada tempat jual Koteka, lokasi dan tempat di pasar waghete, pasar Diyai, Pasar Gakokebo dan lainnya. Banyak masyarat menjual sebagai mencari nafkah untuk memenuhi kehidupan.

Koteka ini banyak di dapatkan di berbagai pasar lokal yang ada di akabupaten Deiyai, hampir rata-rata yang menjual Koteka adalah seorang laki-laki pria tua dan juga pria mudah. Proses penjualannya dapat dilakukan di pasar secara membawa-bawa atau di tawarkan untuk membeli .

Sebagai wisatawan lokal maupaun manca negara dapat membeli langsung pada saat masyarakat setempat menjual di pasar-pasar dan atau juga kita dapat kunjungan ke rumah warga masing-masing. Apalagi kesempatan pada saat itu, kita bisa untuk wawancara kepada masyarakat lokal atau menanyakan sejarah tentang koteka atau bagaimana koteka itu bisa ada di tengah-tengah Suku Mee ini.

Kesempatan untuk membeli koteka asli dari budaya suku Mee adalah dengan cara menghubunggi masyarakat setempat atau menghubunggi kepala suku yang ada, agar secepat mendapatkan. Tetapi lebih baiknya berkunjung dan membeli sendir.

Koteka sebagai hasil perhiasan  dalam rumah akan memberikan situasi ruangan yang aman dan menarik pada orang yang berada di dalam ruangan. Perhisan akan menjadi sempurnah jika menghias dengan anah panah yang di buat dari bambu dan kayu.

Kenapa Koteka sebagai hasil perhiasan? karena banyak masyrakata suku Mee tidak digunakan unruk aktivitas sehari-hari melainkan  sekarang digunakan pada saat acara-acara tertentu, dan juga masyrakat sekarang kebanyakan mengunakan pakaian. Inilah salah satu alasan untuk Koteka sebagai hasil perhiasan atau cinderamat.

Maka harapan silahkan membeli dan mencoba di dalam ruangan anda. karena cinderamata ini adalah cinderamata yang sunggu menarik perhatian bagi siapa saja.

Tidak ada komentar

Terimakasih atas kunjungan anda di Blog ini dan jangan lupa untuk berkomentar.