Breaking News

Uniknya Sungai Okomo Memberikan Pesona Alam Deiyai


WISATA DEIYAI-Okomo adalah salah satu dusun yang memiliki beberapa tempat yang unik, sungai Eniyauwo, Okomo Maga, dan sungai Okomo serta lainnya, tempat yang dapat bisa dijangkau dengan cepat  mengunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Pesisir sungai Okomo terdapat perumahan warga dan perkebunan masyarakat setempat, dari sisi keunikanya kita  dapat berpartisipasi bersama masyarakat yang ada, terutama melakukan aktivitas  memancing ikan dan menikmati dayung perahu.  Apalagi wisatawan yang dapat berkunjung kesana, fasilitas dan keamanaan dapat terjamin oleh kepala dusun Okomo. Dan dapat menyediakan paramuwisata.

Perkembangan daya tarik sungai Okomo menjadi salah satu keunikan bagi masyarakat lokal maupun wisatawan yang kunjunggi, karena daya tarik yang ada bukan hanya Sungai Okomo dan tempat memancing, tetapi dapat mengetahui juga sejarah Marga yang ada di Okomo,  bagaimana Okomo dahulu di jadikan tempat misionaris hingga pindah ke Waghete serta cerita-cerita lainnya.

Akses menuju kesana terutama dari Waghete ke Okomo ada dua jalur, terutama melalui Komoubutu dan melalui pesisir danau (Ikiyauwo), dengan tarif harga Rp 10.000.00 untuk jalan pesisir danau (Roda dua) dan Rp 20.000.00  untuk roda dua serta roda empat melalui Komoubutu.

Cinderamata yang bisa kita dapatkan atau membeli adalah Noken adat, anah panah, Koteka Moge, dan sebagainya. Dan disamping itu, kita bisa mendapatkan makanan yang di jual oleh masyarakat setempat. Maka Waktu tempu dari kota Waghete selama 15 manit ke tempat objek wisata sungai Okomo.

Di dusun Okomo masyarakat akan berpartisipasi  untuk bekerjasama dengan pengunjung yang datang baik itu makanan maupaun secara fisik.

Setiap daya tarik yang ada di kabupaten Deiyai mempunyai banyak keunikan yang perlu dikembangkan terus, terutama mengenai daya tarik yang ada di Dusun Okomo, agar daya tarik yang ada cukup dikembangkan dan dikelolah oleh pemerintah dan masyarakat lokal secara bersamaan.

Secara umum, pesona alam Okomo dapat memberikan panorama terhadap danau Tigi dan mampu dijangkau dengan berbagai akses. Silakan kunjunggi dan menikmati alamnya.

By: Wisata Deiyai











Tidak ada komentar

Terimakasih atas kunjungan anda di Blog ini dan jangan lupa untuk berkomentar.